Tips Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Pada saat hamil, merupakan hal yang normal bila hormon dalam tubuh berubah menjadi tidak stabil sehingga bila muncul jerawat saat hamil bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Hal yang justru perlu diwaspadai adalah penggunaan produk-produk tertentu terbuat dari bahan kimia termasuk produk kecantikan yang tidak boleh digunakan. Seperti yang umum diketahui, penggunaan obat-obatan tanpa arahan dari dokter sangat tidak disarankan. Ditakutkan kandungan bahan kimia yang ada pada produk tersebut dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan yang dialami. Oleh karena itu, banyak Ibunda yang khawatir tidak bisa menjaga dan merawat kecantikan wajah dan tubuh saat hamil.

Penyebab Jerawat

Pada saat hamil muda, terjadi perubahan hormon di dalam tubuh. Perubahan dari yang awalnya stabil menjadi tidak stabil. Terkadang ini bisa menimbulkan munculnya gangguan atau perubahan pada kondisi tubuh. Salah satunya adalah jerawat saat hamil muda. Gangguan kulit seperti ini dapat muncul akibat tingkat hormon androgen yang meningkat jauh lebih tinggi dari semula sebelum mengalami kehamilan. Hormon tersebut yang menjadi dasar timbulnya Sebaceous yang menimbulkan produksi zat berminyak menjadi sebum. Dari sini kemudian bisa terjadi peradangan kulit hingga berjerawat.

Tips Merawat Kulit Berjerawat Saat Hamil

Bila terjadi jerawat saat hamil maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Tidak perlu khawatir bahwa tips ini dapat memberikan efek negatif karena sama sekali tidak menggunakan bahan atau obat-obatan kimia. Seperti yang diketahui, saat kehamilan ada banyak pantangan yang tidak boleh dilakukan ibu. Hal ini berkaitan untuk menjaga kondisi kandungan agar tetap sehat. Karena itulah, konsumsi obat-obat tanpa anjuran sangat dilarang. Sedangkan di sisi lain, kebanyakan perawatan kulit berjerawat dilakukan menggunakan obat-obatan. Nah, untuk mengatasi masalah seperti ini maka cara melakukan perawatan secara aman bisa dilakukan seperti di bawah ini.

Menjaga Kebersihan Wajah

Langkah menjaga dan mengatasi jerawat saat hamil pertama kali bisa dimulai dari menjaga kebersihan wajah. Meski tidak akan langsung menghilangkan jerawat yang sudah terlanjur muncul tetapi bisa menjaga kebersihan wajah dengan sangat baik. Cara membersihkan wajah secara beraturan. Bila ingin menggunakan pembersih wajah maka dianjurkan untuk terlebih dahulu mengkonsultasikannya kepada dokter. Agar kondisi tubuh terawat, wajah tetap bersinar, maka ibunda bisa mengkonsumsi makanan dan minuman kaya nutrisi.

Saat kehamilan, mungkin akan terasa mual apalagi bila masih kehamilan pertama sekaligus berusia beberapa bulan. Konsumsi makanan yang kaya vitamin seperti buah-buahan serta sayuran. Konsumsi air rutin juga dibutuhkan agar tubuh tetap fit, tidak kekurangan cairan. Hindari makanan yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat apalagi sampai membahayakan kandungan. Hindari pula makanan yang sama sekali tidak mengandung nutrisi seperti junk food. Ibunda harus selalu menjaga kondisi tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Ketika kondisi jerawat belumlah terlalu buruk maka langkah seperti ini bisa mencegah kondisi buruk.jerawat saat hamil

Bila jerawat masih membandel, sulit untuk diatasi, dan sudah mulai mengganggu maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Periksakan dan ceritakan kondisi keadaan masalah yang dialami serta menginformasikan tentang munculnya jerawat saat hamil. Dokter akan memberikan resep sesuai dengan keadaan yang dialami saat itu termasuk memberikan resep yang tidak akan mengganggu perkembangan kondisi janin. Saat diberikan resep, Ibunda mengecek kembali apakah terdapat kandungan kimia berbahaya didalamnya atau tidak. Jika mengkonsumsi obat-obatan kimia bukanlah pilihan yang ingin diambil maka beralih ke herbal bisa menjadi pilihan alternatif paling baik.

Cara Mengatasi Masalah Jerawat Secara Alami

Obat jerawat saat hamil memang bisa diatasi secara cepat menggunakan obat-obatan kimia. Akan tetapi, tidak semua obat aman untuk kandungan. Mungkin ketika Ibunda pakai tidak akan terasa tetapi janin akan lebih cepat merasakan adanya perubahan dalam tubuh. Oleh karena itu, lebih aman bila menggunakan teknik perawatan herbal yang lebih aman. Beberapa bahan herbal yang bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah jerawat tersebut adalah soda kue, lemon, madu, dan minyak kelapa murni. Soda kue dapat digunakan sebagai obat jerawat agar cepat mengering.

Caranya, campurkan soda kue sebanyak 1 buah sendok makan dengan air. Kemudian, aduk rata hingga menjadi seperti pasta. Oleskan seperti ketika menggunakan masker pada wajah, diamkan selama beberapa saat hingga masker mengering lalu dibilas hingga merata. Produk herbal lain yang juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat adalah madu. Madu bisa membuat kulit menjadi lebih sejuk. Bukan hanya itu saja, didalamnya terdapat zat antiseptik dan juga antibakteri yang baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Cara penggunaannya adalah mengoleskan madu alami ini ke keseluruhan wajah hingga kira-kira 30 menit. Pastikan bahwa wajah telah bersih dari make-up atau debut.

Selanjutnya, bilas wajah hingga bersih merata menggunakan. Selanjutnya, buah lemon bisa menjadi alternatif lain untuk mengatasi masalah jerawat saat hamil. Lemon memiliki kandungan AHA atau alpha hydroxy acid. Kandungan ini dapat membantu membuang sel-sel mati yang ada di kulit wajah sekaligus membuka pori-pori wajah. Cara melakukan perawatan menggunakan bahan ini dilakukan dengan memeras lemon hingga sari lemon terkumpul. Kemudian, ambil kapas dan celupkan ke dalam sari tersebut. Lalu, tepuk atau oleskan jerawat hingga kering dan bilas menggunakan air dingin. Bahan herbal terakhir yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan menggunakan minyak kelapa murni.

Bahan minyak kelapa murni ini memiliki khasiat yang baik untuk kulit wajah. Kandungan zat anti-jamur didalamnya serta anti-bakteri mampu mengatasi masalah jerawat yang muncul di wajah. Selain itu, tips perawatan ini juga tidak memberikan efek negatif ke janin sehingga aman digunakan. Basuhlah wajah secara teratur menggunakan air mengalir. Oleskan minyak kelapa murni ke seluruh area wajah khususnya pada saat sebelum tidur. Fungsi minyak ini dapat mengatasi jerawat secara alami sekaligus menyejukkan kulit. Terkadang beberapa ibunda yang tidak mengalami hal semacam ini. Tetapi ada pula yang mengalami masalah jerawat. Tidak sedikit pula yang masih mempertanyakan apakah memiliki jerawat saat hamil normalkah?

Jawabannya adalah normal. Tidak ada usia batasan pada seorang ibu yang tengah mengandung. Jerawat saat hamil 4 bulan bisa saja terjadi dan hal ini wajar adanya. Perubahan hormon di dalam tubuh menyebabkan seorang ibu yang tengah hamil dapat memiliki masalah seperti ini. Tidak hanya itu saja, kurangnya cairan dalam tubuh menyebabkan hidrasi. Efek dari hidrasi ini bisa menimbulkan jerawat akibat pori-pori tersumbat. Sudah dijelaskan sebelumnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan bahan herbal sehingga aman digunakan untuk kulit. Selain buah dan bahan yang disebutkan tadi masih ada satu lagi buah yang bermanfaat. Buah tomat bisa menjadi alternatif sehat dan murah.

Tomat mengandung vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, dan B6. Semuanya memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Nutrisi tersebut dapat membantu menyehatkan masalah jerawat juga mempercepat proses penyembuhan. Buah tomat juga bisa memperbaiki kulit yang telah rusak. Cara mendapatkan semua khasiat tidaklah sulit. Hanya dengan menempelkan irisan tomat yang telah dipotong tipis-tipis ke bagian wajah. Lakukan selama 1 jam kemudian basuhlah wajah dengan air bersih. Jerawat saat hamil tetap bisa diatasi tanpa menggunakan produk-produk kimia yang bisa membahayakan janin. Hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami berkhasiat masalah tersebut bisa diatasi secara aman.

Tips Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil | Narvaez | 4.5