Berbagai Jenis Jerawat Dengan Ciri Dan Karakternya Masing-Masing

Apa yang ada di benak sahabat semuanya ketika mendengar kata ‘ jerawat ‘. Sudah pasti mendengarnya saja menjadi risih dan ngeri. Ya jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering kali menyapa wajah. Parahnya lagi hampir semua manusia pernah disapanya. Apabila wajah sudah terkena penyakit jerawat, maka kepercayaan diri yang sebelumnya sangat besar tiba-tiba mengecil bahkan padam. Pada dasarnya jerawat merupakan benjolan kecil pada kulit yang disebabkan oleh sel-sel mati yang menumpuk pada lapisan kulit. Jerawat yang diderita orang-orang pun berbeda-beda tingkat keparahannya serta cara pengobatannya, hal ini karena jenis jerawat tidak hanya satu macam saja, melainkan terdiri dari beberapa jenis.

Macam-macam jenis jerawat

Penyakit kulit yang bernama jerawat ini memang menyebalkan. Gara-gara jerawat kita jadi minder untuk bertemu dengan teman-teman bahkan yang berlainan jenis. Maka tidak heran jika penderita akan segera mencari solusi untuk mengobati jerawat tersebut. Dan kita akan lebih merasa sebal jika jerawat yang beberapa kurun waktu lalu telah diobati, namun tidak berselang lama tiba-tiba jerawat timbul lagi di kulit wajah, bahkan juga tumbuh di kulit leher, punggung dan jerawatnya berbeda dengan yang kemarin.

Pada dasarnya jerawat memang tidak hanya satu jenis saja, bahkan bisa jadi orang yang bermasalah dengan kulit akan memiliki jerawat yang beragam jenis selama hidupnya. Dan masing-masing dari jenis jerawat tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis jerawat yang sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan juga sering kita alami :

# Jenis jerawat kecil
Jerawat yang satu ini memang tidak begitu terlihat jelas apabila dilihat dari jauh, namun kalau dilihat dari dekat barulah akan terlihat. Ukurannya yang kecil, hanya seperti biang keringat dan tidak begitu menonjol mengakibatkan jenis jerawat kecil itu tidak begitu terlihat. Jerawat kecil ini akan terasa apabila disentuh, yaitu permukaan kulit yang terkena jerawat tersebut terasa kasar. Jenis jerawat kecil ini adalah komedo.

Komedo adalah jenis jerawat kecil yang dikarenakan oleh pori-pori kulit atau kelenjar keringat yang tersumbat sehingga sel kulit mati, bakteri menumpuk di dasar lapisan kulit ini dan akhirnya terkontaminasi dengan kadar minyak yang berlebih. Jerawat jenis komedo ini terdiri dari dua macam yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup. Untuk komedo terbuka biasanya berwarna gelap atau hitam karena telah terkena udara dan juga oksidasi. Lain halnya dengan komedo tertutup yang belum terkena udara maupun oksidasi, maka jenis jerawat komedo tertutup ini berwarna putih kekuningan. Kedua komedo ini memang tidak meradang namun sangat mengganggu dan membuat kulit terasa kusam dan kasar, apalagi untuk komedo tertutup yang dapat saja muncul di seluruh permukaan kulit.

jenis jerawat yang perlu anda ketahui

#Jenis jerawat besar
Berbeda dengan jerawat jenis kecil, jenis jerawat besar ini sangat nyata dan jelas terlihat. Sehingga yang mengalaminya pasti langsung tidak percaya diri dan berusaha untuk segera mengatasinya. Penyebabnya sama dengan jerawat kecil yaitu adanya sel kulit mati yang telah terinfeksi bakteri dan terus menumpuk pada dasar lapisan kulit serta tidak bisa keluar karena pori-pori kulit tersumbat. Dan biasanya jenis jerawat ini disertai dengan peradangan sehingga harus segera mendapatkan penanganan.

Untuk jenis jerawat besar terdiri dari beberapa jenis yang juga memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Berikut adalah beberapa jenis jerawat besar yang sering kali kita dialami banyak orang :

A. Jerawat batu
Jenis jerawat batu merupakan termasuk salah satu jenis jerawat yang sulit untuk dihilangkan bahkan meskipun telah diobati, jerawat batu akan terus berbekas. Banyak yang menjadi penyebab munculnya jerawat batu di antaranya adalah karena faktor genetik, penggunaan kosmetik yang banyak mengandung bahan kimia dan lainnya. Ciri dari jerawat batu ini adalah berukuran besar, sakit apabila ditekan dan terasa keras. Selain itu yang membuat kita benar-benar merinding dengan jerawat batu adalah penyebarannya yang sangat cepat sekali.

Berbeda dengan jenis jerawat yang boleh dipencet yaitu komedo karena bersifat anaerob, lain halnya dengan jenis jerawat batu yang tidak boleh dipencet karena jerawat batu mengandung nanah yang apabila dipencet dapat mengakibatkan infeksi. Jenis jerawat ini apabila telah membandel maka dalam mengobatinya harus dengan penanganan khusus seperti adanya campur tangan dari dokter kecantikan atau spesialis kulit.

Nah kemudian bagaimana cara mengatasi jerawat batu yang tanpa permisi telah nangkring di kulit wajah kita agar tidak terjadi peradangan ? Berikut adalah cara mengatasi jenis jerawat batu dengan bahan alami yang telah terbukti mujarab untuk masalah kulit dengan jerawat batu :

#1. Buah mengkudu
Mengatasi jerawat batu yang pertama adalah dengan mengkonsumsi buah mengkudu, buah yang jika dimakan terasa aneh. Caranya pun sangatlah mudah yaitu cukup mengambil buah mengkudu yang telah matang, cuci bersih kemudian blender dan tambahkan sedikit air dan gula. Intinya hanya dengan mengkonsumsi jus buah mengkudu secara teratur maka lama-kelamaan jerawat batu pun akan kempes dan hilang dengan sendirinya.

#2. Madu dan jeruk nipis
Cara yang kedua adalah dengan mengoleskan madu yang telah dicampur dengan sedikit perasan jeruk nipis ke bagian kulit yang terdapat jerawat batu tersebut. Oleskan selama setengah jam atau tunggulah sampai kering kemudian bilaslah dengan air hangat. Lakukan secara teratur ketika mau tidur dan segera bilas dengan air hangat ketika bangun tidur.

B. Patula dan pastula
Patula adalah jenis jerawat yang menonjol kecil di permukaan kulit dan telah berwarna sedikit merah muda. Kemudian apabila dibiarkan tanpa adanya pengobatan akan dapat menimbulkan peradangan yaitu timbulnya nanah di bagian atas. Dan jerawat ini telah menjadi jenis jerawat pestula

C. Jerawat nodul
Jerawat yang paling parah adalah jerawat nodul dimana jerawat ini memiliki tonjolan yang besar melebihi jerawat pada umumnya dan akan sangat sakit apabila disentuh. Di samping itu, apabila timbul peradangan dapat bernanah yang akan menjadi jerawat kista. Dalam pengobatannya pun tidak boleh sembarangan harus dengan tenaga ahli seperti dokter kecantikan.

Jerawat tidak hanya di wajah saja, melainkan juga dapat muncul di leher, dada ataupun punggung. Kemudian bagaimana cara mengatasi jerawat yang berada di area tersembunyi misalnya di punggung ? Cara mengatasi jerawat di punggung adalah dengan selalu menjaga kebersihan badan kita dengan mandi minimal 2 kali sehari, mencuci punggung dengan sabun kulit berjerawat, memakai pakaian yang terbuat dari bahan serat alami dan senantiasa menjaga kebersihan tempat tidur terutama sprei. Membicarakan tentang jenis jerawat memang tidak akan ada habisnya.

Karena memang sampai saat ini jerawat adalah masalah kulit yang hampir setiap orang pernah mengalaminya. Untuk menghindari jerawat yang lebih parah maka sebaiknya kita jangan menyepelekannya, namun bergegaslah segera untuk mengobatinya.

Berbagai Jenis Jerawat Dengan Ciri Dan Karakternya Masing-Masing | Narvaez | 4.5